Senin, 11 Desember 2017

Zika Virus Pada Ibu Hamil


Virus Zika (ZIKV) merupakan sejenis virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirusyang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Virus ini dapat menyebabkan sakit yang ringan kepada manusia yang dikenal sebagai demam Zika atau penyakit Zika. Penyakit Zika sendiri mulai diketahui terjadi di daerah khatulistiwa Afrika dan Asia sejak 1950-an. Kesakitan tersebut adalah satu bentuk penyakit ringan dari demam dengue, dimana sesorang yang terjangkit dirawat melalui istirahat dan tidak bisa dicegah melalui obat-obatan atau vaksin.[1][2] Penyakit Zika memiliki kaitan dengan demam kuning dan virus Nil Barat yang dibawa oleh flavivirus bawaan artropoda yang lain

Gejala virus Zika 
1. Pusing 

2. Bintik merah
3. Demam 
4. Mata merah
Grafik virus zika :

Pencegahan virus zika : 
1. Memakai pakaian lengan panjang, celana panjang, untuk menghindari tergigitnya nyamuk 
2. Memakai lotion anti nyamuk 
3. Pastikan selokan dan lingkungan bersih supaya terhindar dari sarang nyamuk

4. Buang sampah pada tempatnya jangan pada temannya ;) 

Sekian dari saya :) 

Big thanks too : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Virus_Zika
http://www.alodokter.com/virus-zika

Minggu, 03 Desember 2017

Mengapa saya memilih Zika

Mengapa saya memilih topik Zika pada ibu hamil karena, virus Zika ini sangat berbahaya, tapi masih banyak yang menyepelekan virus ini. Tanpa disadari virus ini dapat menyebabkan kematian. Penyebab virus ini pun sangat sepele yaitu karena nyamuk. Hewan kecil tersebut tidak dapat disepelekan karena, kata orang kecil-kecil cabe rawit, jangan menyepelekan hal kecil. Tujuan saya menulis topik tersebut supaya masyarakat dapat mencegak terjangkit virus tersebut.

Minggu, 12 November 2017

Hai guys balik lagi dengan saya, itu foto saya pas abis praktek pengambilan darah. Pada saat kita sedang melakukan kontak langsung dengan pasien harus memakai APD tidak hanya pas kontak langsung dengan pasien tapi pas kita melakukan pekerjaan di laboratorium juga harus menggunakan APD, supaya terhindar dari resiko bahaya terkena penyakit :).
Pekerjaan Analis Kesehatan emang cukup menantang guys ;)

sentrifugasi



Ini pas lagi praktek centrifuge
Prinsip dari sentrifugasi adalah ketika suatu benda bergerak melingkar dengan cepat, akan dihasilkan gaya yang menjauhkan benda tersebut dari pusat lintasan geraknya. Komponen centrifuge. Komponen sebuah centrifuge terdiri atas :
-kepala centrifuge (E), terfiksasi ke kumparan sentral dengan wadah tabung
-tabung (T) berisi suspensi yang akan di sentrifugeasi
Pemasangan tabung pada centrifuge harus seimbang, bila tabung dinomori, tempatkan tabung-tabung tersebut: tabung  1 bersebrangan dengan 2 tabung dan tabung 3 bersebrangan dengan tabung 4.
Cara penggunannya :
1. Tancapkan kabel ke stopkontak
2. Tekan on of untuk yang elektrik kalau yang manual sudah langsung otomatis hidup
3. Masukkan tabung (harus seimbang ya)
4. Atur rpm dan waktunya
5. Tutup ya jangan lupa :)
Harus ditunggu, jangan dibuka dulu sebelum bener" berhenti centrifugenya supaya cairan yang di centrifuge tidak tumpah :)

alat-alat laboratorium




Hallo gaiss balik lagi dengan saya, Karunia. Disini saya akan menceritakan tentang sedikit tentang praktek kimia analisa di kampus saya. Praktek yang pertama adalah praktek pengenalan alat dan bahan-bahan yang ada di Laboratorium, praktek ini sangat penting karena kalau kita gak tau tentang fungsi dari alat dan bahan yang akan kita praktikan itu bahaya ya. Oiya jangan lupa pakai APD yang lengkap saat memasuki laboratorium guna meminimalisir kecelakaan kerja pada saat praktikum dilaksanakan.
 Saya akan menjelaskan sedikit tentang fungsi dari alat-alat laboratorium yang saya lampirkan diatas.
1. Tabung Reaksi : ini untuk menyampurkan senyawa
2. Rak Tabung Reaksi : untuk tempat tabung reaksi
3. Penjepit Tabung : mengangkat tabung reaksi yang panas, alat ini sangat dibutuhkan ketika kita melakukan reaksi nyala
4. Batang Pegaduk : untuk mengaduk larutan
5. Ose Bulat : mengambil bahan kimia, seperti pada saat inokulasi.
6. Labu Takar : untuk membuat larutan dengan kadar tepat.
7. Gelas ukur : untuk mengukur volume larutan yang akan kita ukur
8. Beaker Glass : untuk menampung larutan
9. Botol timbang : untuk menimbang bahan kimia yang berbentuk cair/padatan yang mudah menguap
10. Kurs porselin : untuk menimbang cairan tapi leih sering digunakan untuk pengabuan
11. Corong kaca : membantu memasukkan cairan ke buret atau labu takar

sebenarnya masih banyak lagi alat-alat laboratorium, next time aku akan update lagi^^

Minggu, 05 November 2017


Saya mengambil video itu karena saya termotivasi dengan tokoh Nick Vujicic, walaupun beliau dilahirkan tanpa lengan dan kaki beliau selalu bersyukur dengan keadaanya, selalu bersabar dengan tatapan aneh dari orang-orang dan selalu tersenyum disaat beliau sedang sedih. Sangat berbeda dengan kita yang dilahirkan normal sering mengeluhkan keadaan dan jarang bersyukur, padahal diluar sana masih ada orang yang kurang beruntung. Kita tidak pernah bisa bersabar dengan keadaan. Disaat kita memiliki masalah kita cenderung mamilih untuk melampiaskannya ke orang-orang sekitar kita yang malah tidak tau apa masalah kita. Kita lupa tersenyum padahal dengan kita tersenyum kita akan mendapatkan energi positifnya. 

Tokoh Nick Vujicic ini sangat memotivasi saya, walaupun dengan keterbatasannya beliau bisa melakukan banyak hal. Sedangkan saya sendiri, yang memiliki fisik normal cenderung tidak ingin melakukan hal-hal lain. Beliau sangat hebat menurut saya, beliau masih terlihat bahagia. Saya salut dengan beliau. 

Kamis, 02 November 2017

Hai, kenalin nama ku Karunia, aku kuliah di Akademi Analis Kesehatan Theresiana Semarang, i'll tell you bout AAK Theresiana. Pertama kali aku masuk di AAK Theresiana aku sedikit minder karena aku lulusan SMA dan rata-rata trman sekelasku lulusan SMK Analis Kesehatan. Tapi tenang aja, buat kalian yang dari SMA bisa kok kuliah disini, karena disini kita diajarin dari dasarnya, jadi dijamin kalian bisa mengikuti.
AAK Theresiana, masih tergolong kampus baru, walaupun masih baru tapi lulusannya langsung terserap dunia kerja. Jadi gak usah khawatir gaiss ;). Di Theresiana kalian bener-bener di didik untuk menjadi lulusan yang siap kerja dan matang, karena itulah lulusan Theresiana bisa cepet kerja. Untuk masalah dosen, kalian gak perlu takut, disini dosennya  baik-baik dan pengertian ;). Pokoknya gak nyesel deh, disini kita juga dibebasin untuk melakukan kegiatan kita sendiri, jadi kalian bisa berkarya disini, tapi hati-hati sama bahan-bahan yang mungkin berbahaya ya :) karena bahan Kimia ada yang bersifat toksik, iritan, flamable,  dll.
Untuk kalian yang mau tau tentang Analis Kesehatan, saya akan menceritakan sedikit tentang Analis Kesehatan, lulusan Analis Kesehatan biasanya kerja di laboratorium, inget ya laboratorium. Analis Kesehatan bisa dibilang prodi baru di Indonesia. Terus apa lagi ya, oiya prospek kerjanya juga bagus gaiss, karena Analis Kesehatan masih banyak dibutuhin sekarang ini karena semakin kesini kesadaram masyarakat akan kesehatan semakin tinggi jadi ini adalah peluang untuk kalian yang mau lulus langsung kerja ;)

Zika Virus Pada Ibu Hamil

Virus Zika  ( ZIKV ) merupakan sejenis virus dari keluarga  flaviviridae  dan genus  flavivirus yang disebarkan oleh  nyamuk   Aedes aeg...